Kamis, 04 Juni 2009

TUJUH MACAM TANDA-TANDA MUKMIN SEJATI
Org Mukmin sejati adalah org yg takut kpd Allah SWT. dengan semua anggota tubuhnya. seperti apa yg tlh dikatakan Abul Laits: "Takut Kpd Allah SWT. Akn terlht tanda-tandanya dlm 7 mcm hal:
1. LIDAHNYA: dia tentu akn mencegah dr berbhg, menggunjing, menfitnah, membual dan perkataan tidak berguna. dan menyibukan lidahnya berzikir kepada Allah, Membaca Al-Qur'an dan memperbincangkan ilmu
2. HATINYA: akan mengeluarkan dari dalam hatinya perasaan permusuhan, kebohongan, dan "dengki kepada kawan karena 'kedengkian' akan menghapus segala kebaikan" seperti apa yang disabdakan Rasulullah SAW: "Hasad (dengki) menghancurkan kebaikan sebagaimana api neghancurkan kayu bakar. dan ketahuilah, bahwa sesungguhnya hasad itu termasuk penyakit hati yang berat dan semua penyakit hati tidak dapat disembuhkan kecuali dengan ilmu dan amal.
3. PENGLIHATAN: tidak akan memandang yang haram, baik makanan, minuman, pakaian atau yang lainnya, tidak memandang kpada dunia dengan keinginan, akn tetapi dia memandangnya dgn mengambil i'tibar dan dia tidak memandang kepada sesuatu yang tidak halal baginya. Rasulullah SAW telah bersabda: "Barangsiapa memnuhi matanya dengan sesuatu yang haram, Allah SWT akan memmenuhi matanya esok dihari kiamat dengan api neraka.
4. PERUT: tidak akan memasukan sesuatu yang haram ke dalamnya, karena banyak hal itu merupakan dosa besar. Rasulullah SAW bersabda: "Ketika sesuap haram jatuh pada perut anak cucu Adam, semua malaikat di bumi dan langit memberi laknat padanya selama suapan itu berada dalam perutnya, dan kalau ia mati dalam keadaan bagitu maka tempatnya adalah jahanam.
5. TANGAN: tdk akan meraih sesuatu yang haram tetapi meraih sesuatu yg terdpt unsur taat kepada Allah di dalamnya. Dirawayatkan dari Ka'bil Ahbar, dia terkata: "Sesungguhnya Allah SWT. menciptakan perkampungan dari Zabarjad Hijau, didalamnya terdpt seribu buah rumah dan didlm setiap rumah terdpt seribu buah kamar, tdk akan menempatinya kecua;i seorang laki-laki yg disodorkan sesuatu yang haram padanya, lalu dia meninggalkannya karena takut kepada Allah SWT.
6. TELAPAK KAKI: tdk akan berjalan dalam kemaksiatan kepada Allah, tetapi berjalan di dlm ketaatan kepada Allah dan Ridho-Nya., serta ke arah pergaulan dgn Ulama dan Orang2 Saleh.
7. KETAATAN: tentu akan menjadikan ketaatannya itu murni karena Ridho Allah SWT. dan dia khawatir dari Riya' dan kemunafikan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar